Selasa, 07 April 2020

MATERI MATEMATIKA ``BANGUN DATAR``

Kelas VII Segiempat

SHARE     
 
Pernahkah kalian bermain catur?
Catur
Jika diperhatikan, sebuah papan catur memiliki motif yg unik, yaitu berbentuk kotak-kotak, atau bisa juga disebut persegi.
Pada bahasan kali ini, akan dibahas mengenai materi segiempat,
Segiempat adalah suatu bangun datar yang dibatasi oleh empat sisi.
Ada beberapa jenis segiempat yang sering ditemui, yaitu :
1. Persegi
Persegi
Persegi adalah bangun segiempat yang memiliki 4 sisi yang sama panjang, 4 sudut yang sama, dan semua sudutnya 90^0
Sifat-sifat Persegi
– Memiliki empat sisi serta empat titik sudut
– Memiliki dua pasang sisi yang sejajar serta sama panjang
– Keempat sisinya sama panjang
– Keempat sudutnya sama besar yaitu 90° ( sudut siku-siku )
– Memiliki empat buah simetri lipat
– Memiliki empat simetri putar
Rumus dari persegi adalah sebagai berikut :
Keliling = 4 \times s
Luas = s^2
dengan s = sisi persegi
2. Persegi panjang
Persegi Panjang
Persegi panjang adalah salah satu bangun datar segiempat yang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang.
Sifat-sifat Persegi Panjang
– Memiliki empat sisi serta empat titik sudut
– Memiliki dua pasang sisi sejajar yang berhadapan dan sama panjang
– Keempat sudutnya sama besar yaitu 90° ( sudut siku-siku )
– Memiliki dua diagonal yang sama panjang
– Memiliki dua buah simetri lipat
– Memiliki dua simetri putar
Rumus dari persegi panjang adalah sebagai berikut :
Keliling = 2 \times (P \times L)
Luas = P \times L
dengan p = panjang dan l = lebar.
3. Trapesium
Trapesium
Trapesium adalah salah satu bangun datar segiempat yang memiliki dua sisi sejajar yang tidak sama panjang.
Sifat-sifat Trapesium
– Memiliki empat sisi dan empat titik sudut
– Memiliki sepasang sisi yang sejajar tetapi tidak sama panjang
– Sudut-sudut diantara sisi sejajar besarnya 180°
Rumus dari trapesium adalah sebagai berikut :
Keliling = jumlah panjang semua sisinya
Luas = \frac{1}{2} \times (sisi AB + sisi DC) \times tinggi
4. Jajar genjang
Jajar Genjang
Jajar genjang adalah salah satu bangun datar segiempat yang memiliki dua pasang sisi yang saling sejajar.
Sifat-sifat Jajar Genjang
– Memiliki empat sisi dan empat titik sudut
– Memiliki dua pasang sisi yang sejajar dan sama panjang
– Memiliki dua buah sudut tumpul dan dua buah sudut lancip
– Sudut yang berhadapan sama besar
– Diagonal yang dimiliki tidak sama panjang
– Tidak memiliki simetri lipat
– Memiliki dua simetri putar
Rumus dari jajar genjang adalah sebagai berikut:
Keliling = 2 \times ( alas + tinggi)
Luas = alas \times tinggi
5. Belah ketupat
Belah Ketupat
Belah ketupat adalah salah satu bangun datar segiempat yang memiliki dua diagonal yang sama panjang.
Sifat-sifat Belah Ketupat
– Memiliki empat buah sisi dan empat buah titik sudut
– Keempat sisinya sama panjang
– Dua pasang sudut yang berhadapan sama besar
– Diagonalnya berpotongan tegak lurus
– Memiliki dua buah simetri lipat
– Memiliki simetri putar tingkat dua
Rumus dari belah ketupat adalah sebagai berikut:
Keliling = jumlah panjang semua sisinya
Luas = \frac{1}{2} \times diagonal 1 \times diagonal 2
6. layang-layang
Layang-Layang
Layang-layang adalah salah satu bangun datar segiempat yang memiliki dua diagonal yang tidak sama panjang.
Sifat-sifat Layang-Layang
– Memiliki empat sisi dan empat titik sudut
– Memiliki dua pasang sisi yang sama panjang
– Memiliki dua sudut yang sama besarnya
– Diagonalnya berpotongan tegak lurus
– Salah satu diagonalnya membagi diagonal yang lain sama panjang
– Memiliki satu simetri lipat
Rumus dari Layang-Layang adalah sebagai berikut:
Keliling = Jumlah semua sisi layang-layang
Luas = \frac{1}{2} \times diagonal 1 \times diagonal 2
Demikian bahasan mengenai bangun datar segiempat.
Semoga membantu.

Selasa, 31 Maret 2020

MapelL>>BI


1. Peran BI setelah berdirinya OJK adalah BI tetap mempunyai peranan penjaga kestabilan sistem ekonomi, kelancaran lalu lintas pembayaran serta mengawasi perbankan, akan tetapi dengan dibantu oleh OJK maka tugas BI lebih terbantu sehingga BI dapat lebih fokus kepada isu-isu kestabilan ekonomi dan menetapkan kebijakan-kebbijaknnya, akan tetapi utuk mengawasi lembaga keuangan bank dan non bank BI dan OJK berekoordinasi dengan BI untuk mencapai tujuan tersebut
2. Ketidaksesuaian peran yang dilakukan OJK  tidak akan terjadi, karena sudah jelas tugas OJK adalah mengawasi lembaga keuangan Bank dan Non Bank yang berpotensi mengacaukan perekonomian bangsa.
3. Kendala - kendala yang dapat terjadi seiring pengalihan salah satu peran BI kepada OJK adalah sistem kooerdinasi antara BI, Bapepam-LK dan OJK, oleh sebab itu agar tidak terjadi tumpang tindih maka diperlukannya koordinasi yang baik antar lembaga, karena masing-masing lembaga tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menstabilkan perekonomian bangsa dan menghindari terjadinya kecurangan-kecurangan yang dilakukan lembaga keuangan bank dan non bank tersebut yang dapat merugikan masyarakat dan negara. karena dari masing-masing lembaga keuangan bank dan non bank ini memiliki kegiatan yang hampir mirip yaitu mengumpulkan dana dari masyarakat, dan hal ini tentunya sangat berkaitan dengan banyaknya uang beredar dan tentu akan sangat berpengaruh secara makro dan mikro ekonomi terhadap perekonomian negara.
Pelajari lebih lanjut
1. Materi tentang menghitung bunga tabungan brainly.co.id/tugas/19636671
2. Materi tentang peran Bank Umum dalam Perekonomian brainly.co.id/tugas/20998253
3. Materi tentang bank umum dan lembaga asuransi brainly.co.id/tugas/20306067
-------------------------------

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/21091922#readmore

Materi IPA Lengkap Semester Genap klas 7 Kurikulum 2013(K13)









Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016

Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016
Amongguru.com. Di dalam membantu Bapak/Ibu guru menyiapkan perangkat pembelajaran, berikut admin bagikan Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016.
Materi IPA ini dilengkapi dengan pemetaan Kompetensi Dasar berdasarkan Buku Pegangan Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang telah diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

A. Rincian Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016

Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016
Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016 terbagi dalam 12 (dua belas) bab dengan rincian sebagai berikut.
Semester 1
  • Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya
  • Bab 2 Klasifikasi Makhluk Hidup
  • Bab 3 Klasifikasi Materi dan Perubahannya
  • Bab 4 Suhu dan Perubahannya
  • Bab 5 Kalor dan Perpindahannya
  • Bab 6 Energi dalam Sistem Kehidupan
Semester 2
  • Bab 7 Sistem Organisasi Kehidupan
  • Bab 8 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
  • Bab 9 Pencemaran Lingkungan
  • Bab 10 Pemanasan Global
  • Bab 11 Struktur Bumi dan Dinamikanya
  • Bab 12 Tata Surya

B. Pemetaan Kompetensi Dasar dan Pokok Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada hakikatnya belajar dengan pendekatan yang meliputi empat unsur utama. Keempat unsur tersebut adalah sikap, proses, produk, dan aplikasi.
Pembelajaran IPA pada jenjang SMP/MTs kelas 7 sesuai Kurikulum 2013 berbentuk kompetensi, yang terdiri dari (1) Kompetensi Sikap Spiritual, tertuang dalam KI – 1; (2) Kompetensi Sikap Sosial, tertuang dalam KI – 2; (3) Kompetensi Pengetahuan, tertuang dalam KI – 3; dan (4) Kompetensi Keterampilan. tertuang dalam KI – 4.
Kompetensi Inti 1 (KI -1) :
  • Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Inti 2 (KI – 2) :
  • Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3 (KI – 3) :
  • Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Kompetensi Inti 4 (KI – 4) :
  • Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodiļ¬kasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Sikap Spiritual (KI – 1) dan Kompetensi Sikap Sosial (KI – 2) terintegrasi secara langsung dalam pembelajaran IPA.
Sedangkan pemetaan Kompetensi Dasar untuk Kompetensi Pengetahuan (KI – 3) dan Kompetensi Keterampilan (KI – 4) serta pokok Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016 sebagai berikut.

Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya

Kompetensi Dasar :
3.1. Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku).
4.1. Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Objek IPA dan Pengamatannya memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 6 TM (Tatap Muka) dengan asumsi 6 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yaitu masing-masing 3 JP dan 2 JP.
  • Penyelidikan IPA
  • Pengukuran
  • Besaran Pokok
  • Besaran Turunan

Bab 2 Klasifikasi Makhluk Hidup

Kompetensi Dasar :
3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
4.2. Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Klasifikasi Makhluk Hidup memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 5 tatap muka (TM).
Asumsinya 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi tiga kali tatap muka (TM), yaitu 3 JP dan dua tatap muka (TM), masing-masing 2 JP.
  • Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar.
  • Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup.
  • Mengelompokkan Makhluk Hidup Berdasarkan Sistem Klasifikasi.

Bab 3 Klasifikasi Materi dan Perubahannya

Kompetensi Dasar :
3.3. Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
4.3. Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 5 TM (Tatap Muka) dengan asumsi 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yaitu masing-masing 3 JP dan 2 JP.
  • Karakteristik materi, unsur, senyawa dan campuran.
  • Campuran dan Sifat Larutan Asam Basa
  • Pemisahan Campuran (Filtrasi, Sentrifugasi, dan Kromatografi).
  • Pemisahan Campuran (Destilasi dan Sublimasi)
  • Sifat Fisika dan Sifat Kimia serta Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia

Bab 4 Suhu dan Perubahannya

Kompetensi Dasar :
3.4. Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
4.4. Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian Subtopik Suhu dan Perubahannya memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 6 TM (dengan asumsi 5 JP/ minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yaitu 3 JP dan 2 JP.
  • Pengertian suhu dan termometer
  • Skala suhu I (membuat skala suhu)
  • Skala Suhu II (skala suhu dan mengamati pemuaian)
  • Pemuaian panjang, luas, dan volume
  • Pemuaian pada zat cair

Bab 5 Kalor dan Perpindahannya

Kompetensi Dasar :
3.4. Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
4.4. Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Suhu dan Kalor memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 6 TM (Tatap Muka) dengan asumsi 6 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yakni masing-masing 3 JP dan 2 JP.
  • Konsep kalor
  • Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan Suhu Benda
  • Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan Zat Benda
  • Perpindahan Kalor Dengan Cara Konduksi dan Konveksi
  • Perpindahan Kalor Dengan Cara Radiasi

Bab 6 Energi dalam Sistem Kehidupan

Kompetensi Dasar :
3.5. Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis.
4.5. Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi, termasuk fotosintesis.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Objek IPA dan Pengamatannya memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 6 TM (Tatap Muka) dengan asumsi 6 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yaitu masing-masing 3 JP dan 2 JP.
  • Konsep Energi dan Sumber Energi
  • Transformasi Energi dalam Sel dan Metabolisme Sel
  • Respirasi
  • Pencernaan Makanan
  • Fotosintesis

Bab 7 Sistem Organisasi Kehidupan

Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel.
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Organisasi Kehidupan memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 6 tatap muka/TM (dengan asumsi 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali tatap muka/TM, yaitu 3 JP dan 2 JP).
  • Konsep Organisasi Kehidupan.
  • Sel Sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan.
  • Praktikum: Mengamati Sel Tumbuhan dengan Mikroskop dan Membandingkan Sel Hewan dengan Sel Tumbuhan.
  • Praktikum; Jaringan.
  • Organ, Sistem Organ, dan Organisme

Bab 8 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan

Kompetensi Dasar :
3.7  Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut.
4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan memerlukan waktu 13 jam pelajaran atau 7 tatap muka (TM) (dengan asumsi 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali tatap muka (TM), yaitu 3 JP dan 2 JP).
  • Konsep Lingkungan.
  • Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola.
  • Bentuk-bentuk Saling Ketergantungan.
  • Pola Interaksi Manusia Mempengaruhi Ekosistem

Bab 9 Pencemaran Lingkungan

Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem.
4.8 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Pencemaran Lingkungan memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 7 TM (Tatap Muka) dengan asumsi 6 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yaitu masing-masing 3 JP dan 2 JP.
  • Definisi Pencemaran Lingkungan.
  • Pencemaran Air.
  • Pencemaran udara.
  • Pencemaran Tanah.

Bab 10 Pemanasan Global

Kompetensi Dasar :
3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem.
4.9 Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi / penanggulangan masalah perubahan iklim
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian Bab 4 semester 2 memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 5 TM. Adapun dengan asumsi 6 JP/minggu diorganisasikan menjadi 5 TM dibagi dalam dua kali TM, yaitu masing-masing 3 JP dan 2 JP.
  • Efek Rumah Kaca.
  • Pengertian dan Penyebab Pemanasan Global.
  • Dampak Pemanasan Global.
  • Usaha Penanggulangan Pemanasan Global.

Bab 11 Struktur Bumi dan Dinamikanya

Kompetensi Dasar :
3.10 Menjelaskan lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya.
4.10 Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian bab5 semester 2 tentang lapisan bumi dan bencana memerlukan waktu 15 jam atau 6 kali tatap muka (TM) dengan asumsi 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yaitu 3 JP dan 2 JP.
  • Konsep Lapisan Bumi.
  • Atmosfer.
  • Litsfer.
  • Gempa Bumi dan Pengurangan Resiko Bencananya.

Bab 12 Tata Surya

Kompetensi Dasar :
3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusibumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi.
4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian Bab 11 memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 5 TM dengan asumsi 6 JP/minggu diorganisasikan menjadi 6 TM.
  • Komponen Penyusun Tata Surya.
  • Gerak Planet dan Hukum Kepler.
  • Gerak Bumi dan Bulan.
  • Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi.
Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016 secara lengkap dapat Bapak/Ibu guru unduh pada Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Mata Pelajaran IPA dengan cara klik tautan berikut.
  • Cover Buku Guru Kurikulum 2013 Edisi Revisi Kelas 7 Mata Pelajaran IPA (download)
  • Cover Buku Siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi Kelas 7 Mata Pelajaran IPA (download)
  • Buku Guru Kurikulum 2013 Edisi Revisi Kelas 7 Mata Pelajaran IPA (download)
  • Buku Siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi Kelas 7 Mata Pelajaran IPA Semester 1 (download), Semester 2 (download)
Baca juga artikel terkait berikut.
Demikian yang dapat admin bagikan mengenai Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016.
Semoga membantu Bapak/Ibu guru yang akan melaksanakan pembelajaran IPA kelas 7 SMP/MTs menggunakan Kurikulum 2013.

Tinggalkan Balasan



Selasa, 11 Februari 2020

GLOBAL MAPPER (INF)

Global Mapper adalah paket perangkat lunak sistem informasi geografis (GIS) yang saat ini dikembangkan oleh Blue Marble Geographics yang dijalankan di Microsoft Windows. Perangkat lunak GIS bersaing dengan produk GIS ESRIGeoMediaManifold System, dan MapInfo. Global Mapper menangani baik untuk data vektor, raster, dan elevasi, dan memberikan tampilan, konversi, dan fitur GIS umum lainnya. Global Mapper memiliki komunitas pengguna aktif dengan milis dan forum daring.

Pranala luarSunting