Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016
Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016
Amongguru.com. Di dalam membantu Bapak/Ibu guru menyiapkan perangkat pembelajaran, berikut admin bagikan Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016.
Materi IPA ini dilengkapi dengan pemetaan Kompetensi Dasar berdasarkan Buku Pegangan Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang telah diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
A. Rincian Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016
Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016 terbagi dalam 12 (dua belas) bab dengan rincian sebagai berikut.
Semester 1
- Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya
- Bab 2 Klasifikasi Makhluk Hidup
- Bab 3 Klasifikasi Materi dan Perubahannya
- Bab 4 Suhu dan Perubahannya
- Bab 5 Kalor dan Perpindahannya
- Bab 6 Energi dalam Sistem Kehidupan
Semester 2
- Bab 7 Sistem Organisasi Kehidupan
- Bab 8 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
- Bab 9 Pencemaran Lingkungan
- Bab 10 Pemanasan Global
- Bab 11 Struktur Bumi dan Dinamikanya
- Bab 12 Tata Surya
B. Pemetaan Kompetensi Dasar dan Pokok Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada hakikatnya belajar dengan pendekatan yang meliputi empat unsur utama. Keempat unsur tersebut adalah sikap, proses, produk, dan aplikasi.
Pembelajaran IPA pada jenjang SMP/MTs kelas 7 sesuai Kurikulum 2013 berbentuk kompetensi, yang terdiri dari (1) Kompetensi Sikap Spiritual, tertuang dalam KI – 1; (2) Kompetensi Sikap Sosial, tertuang dalam KI – 2; (3) Kompetensi Pengetahuan, tertuang dalam KI – 3; dan (4) Kompetensi Keterampilan. tertuang dalam KI – 4.
Kompetensi Inti 1 (KI -1) :
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Kompetensi Inti 2 (KI – 2) :
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Kompetensi Inti 3 (KI – 3) :
- Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Kompetensi Inti 4 (KI – 4) :
- Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Sikap Spiritual (KI – 1) dan Kompetensi Sikap Sosial (KI – 2) terintegrasi secara langsung dalam pembelajaran IPA.
Sedangkan pemetaan Kompetensi Dasar untuk Kompetensi Pengetahuan (KI – 3) dan Kompetensi Keterampilan (KI – 4) serta pokok Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016 sebagai berikut.
Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya
Kompetensi Dasar :
3.1. Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar (baku).
4.1. Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Objek IPA dan Pengamatannya memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 6 TM (Tatap Muka) dengan asumsi 6 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yaitu masing-masing 3 JP dan 2 JP.
- Penyelidikan IPA
- Pengukuran
- Besaran Pokok
- Besaran Turunan
Bab 2 Klasifikasi Makhluk Hidup
Kompetensi Dasar :
3.2. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati.
4.2. Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Klasifikasi Makhluk Hidup memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 5 tatap muka (TM).
Asumsinya 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi tiga kali tatap muka (TM), yaitu 3 JP dan dua tatap muka (TM), masing-masing 2 JP.
- Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar.
- Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup.
- Mengelompokkan Makhluk Hidup Berdasarkan Sistem Klasifikasi.
Bab 3 Klasifikasi Materi dan Perubahannya
Kompetensi Dasar :
3.3. Menjelaskan konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
4.3. Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Klasifikasi Materi dan Perubahannya memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 5 TM (Tatap Muka) dengan asumsi 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yaitu masing-masing 3 JP dan 2 JP.
- Karakteristik materi, unsur, senyawa dan campuran.
- Campuran dan Sifat Larutan Asam Basa
- Pemisahan Campuran (Filtrasi, Sentrifugasi, dan Kromatografi).
- Pemisahan Campuran (Destilasi dan Sublimasi)
- Sifat Fisika dan Sifat Kimia serta Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia
Bab 4 Suhu dan Perubahannya
Kompetensi Dasar :
3.4. Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
4.4. Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian Subtopik Suhu dan Perubahannya memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 6 TM (dengan asumsi 5 JP/ minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yaitu 3 JP dan 2 JP.
- Pengertian suhu dan termometer
- Skala suhu I (membuat skala suhu)
- Skala Suhu II (skala suhu dan mengamati pemuaian)
- Pemuaian panjang, luas, dan volume
- Pemuaian pada zat cair
Bab 5 Kalor dan Perpindahannya
Kompetensi Dasar :
3.4. Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
4.4. Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Suhu dan Kalor memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 6 TM (Tatap Muka) dengan asumsi 6 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yakni masing-masing 3 JP dan 2 JP.
- Konsep kalor
- Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan Suhu Benda
- Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan Zat Benda
- Perpindahan Kalor Dengan Cara Konduksi dan Konveksi
- Perpindahan Kalor Dengan Cara Radiasi
Bab 6 Energi dalam Sistem Kehidupan
Kompetensi Dasar :
3.5. Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis.
4.5. Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi, termasuk fotosintesis.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Objek IPA dan Pengamatannya memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 6 TM (Tatap Muka) dengan asumsi 6 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yaitu masing-masing 3 JP dan 2 JP.
- Konsep Energi dan Sumber Energi
- Transformasi Energi dalam Sel dan Metabolisme Sel
- Respirasi
- Pencernaan Makanan
- Fotosintesis
Bab 7 Sistem Organisasi Kehidupan
Kompetensi Dasar :
3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel.
4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Organisasi Kehidupan memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 6 tatap muka/TM (dengan asumsi 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali tatap muka/TM, yaitu 3 JP dan 2 JP).
- Konsep Organisasi Kehidupan.
- Sel Sebagai Unit Struktural dan Fungsional Kehidupan.
- Praktikum: Mengamati Sel Tumbuhan dengan Mikroskop dan Membandingkan Sel Hewan dengan Sel Tumbuhan.
- Praktikum; Jaringan.
Organ, Sistem Organ, dan Organisme
Bab 8 Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan
Kompetensi Dasar :
3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut.
4.7 Menyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan memerlukan waktu 13 jam pelajaran atau 7 tatap muka (TM) (dengan asumsi 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali tatap muka (TM), yaitu 3 JP dan 2 JP).
- Konsep Lingkungan.
- Interaksi dalam Ekosistem Membentuk Suatu Pola.
- Bentuk-bentuk Saling Ketergantungan.
- Pola Interaksi Manusia Mempengaruhi Ekosistem
Bab 9 Pencemaran Lingkungan
Kompetensi Dasar :
3.8 Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem.
4.8 Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian topik Pencemaran Lingkungan memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 7 TM (Tatap Muka) dengan asumsi 6 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yaitu masing-masing 3 JP dan 2 JP.
- Definisi Pencemaran Lingkungan.
- Pencemaran Air.
- Pencemaran udara.
- Pencemaran Tanah.
Bab 10 Pemanasan Global
Kompetensi Dasar :
3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem.
4.9 Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi / penanggulangan masalah perubahan iklim
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian Bab 4 semester 2 memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 5 TM. Adapun dengan asumsi 6 JP/minggu diorganisasikan menjadi 5 TM dibagi dalam dua kali TM, yaitu masing-masing 3 JP dan 2 JP.
- Efek Rumah Kaca.
- Pengertian dan Penyebab Pemanasan Global.
- Dampak Pemanasan Global.
- Usaha Penanggulangan Pemanasan Global.
Bab 11 Struktur Bumi dan Dinamikanya
Kompetensi Dasar :
3.10 Menjelaskan lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan resiko sebelum, pada saat, dan pasca bencana sesuai ancaman bencana di daerahnya.
4.10 Mengomunikasikan upaya pengurangan resiko dan dampak bencana alam serta tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis ancaman bencana di daerahnya.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian bab5 semester 2 tentang lapisan bumi dan bencana memerlukan waktu 15 jam atau 6 kali tatap muka (TM) dengan asumsi 5 JP/minggu diorganisasikan menjadi dua kali TM, yaitu 3 JP dan 2 JP.
- Konsep Lapisan Bumi.
- Atmosfer.
- Litsfer.
- Gempa Bumi dan Pengurangan Resiko Bencananya.
Bab 12 Tata Surya
Kompetensi Dasar :
3.11 Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusibumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi.
4.11 Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi.
Materi Pokok :
Pembelajaran dan penilaian Bab 11 memerlukan waktu 15 jam pelajaran atau 5 TM dengan asumsi 6 JP/minggu diorganisasikan menjadi 6 TM.
- Komponen Penyusun Tata Surya.
- Gerak Planet dan Hukum Kepler.
- Gerak Bumi dan Bulan.
- Akibat Rotasi dan Revolusi Bumi.
Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016 secara lengkap dapat Bapak/Ibu guru unduh pada Buku Guru dan Buku Siswa Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 Mata Pelajaran IPA dengan cara klik tautan berikut.
- Cover Buku Guru Kurikulum 2013 Edisi Revisi Kelas 7 Mata Pelajaran IPA (download)
- Cover Buku Siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi Kelas 7 Mata Pelajaran IPA (download)
- Buku Guru Kurikulum 2013 Edisi Revisi Kelas 7 Mata Pelajaran IPA (download)
- Buku Siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi Kelas 7 Mata Pelajaran IPA Semester 1 (download), Semester 2 (download)
Baca juga artikel terkait berikut.
- Download RPP IPA Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 K13 Revisi Terbaru
- Materi IPA Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
- Materi IPA Kelas 9 SMP MTs Kurikulum 2013 Edisi Terbaru Revisi 2018
Demikian yang dapat admin bagikan mengenai Materi IPA Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2016.
Semoga membantu Bapak/Ibu guru yang akan melaksanakan pembelajaran IPA kelas 7 SMP/MTs menggunakan Kurikulum 2013.